Harga Pabrik

Your cart

0 item(s) Rp. 0
  • Your shopping cart is empty!

Login / Register
Sign in Or Register
Forgot Your Password?

Pelanggan Baru?

Daftar dengan Mudah dan Gratis!

  • Faster checkout
  • Save multiple shipping addresses
  • View and track orders and more
Membuat Akun
4 Tahap dalam Sistem Purchase Order
  • Beranda
  • Artikel
  • 4 Tahap dalam Sistem Purchase Order

Kategori


  • Seafood
  • Daging dan Ayam
  • Makanan Olahan
  • Bumbu dan Sambal
  • Minuman
  • Sayur Beku
  • Beras

Produk Terbaru


«
»

4 Tahap dalam Sistem Purchase Order

ditulis Oleh : roro Tanggal : 25 Nov 2022 1 Comment

Hargapabrik.id – Ada banyak istilah dalam akuntansi yang pasti sering didengar sebagai pelaku bisnis. Salah satu istilah tersebut adalah purchase order. Purchase order atau biasa disebut PO merupakan dokumen yang berisi konfirmasi resmi dari sebuah pesanan dimana dokumen tersebut akan dikirim oleh pembeli dan ditujukan kepada pihak penjual atau vendor.

Baca juga: 6 Manfaat Purchase Order

Dokumen tersebut pada umumnya berisi tentang tanggal purchase order dibuat, nomor purchase order, perihal tentang pembuatan surat, nama dan alamat lengkap yang dituju serta keterangan nomor HP dan email, isi dari PO itu sendiri seperti jenis barang, warna, harga, dan juga total barang yang dibeli, metode pembayaran yang akan digunakan, waktu pengiriman dan metode pengiriman yang digunakan, serta nomor pesanan dari dokumen tersebut. Sistem purchase order bermanfaat dalam mengamankan ketersediaan barang, transaksi dapat dilakukan dengan jelas, dan membantu membuat anggaran perusahaan. Berikut ini adalah 4 tahap dalam sistem purchase order.

1. Membuat purchase order

Bagian gudang akan memeriksa persediaan yang habis kemudian membuat daftar persediaan yang habis tersebut dan diteruskan kepada bagian pembelian. Bagian pembelian akan mulai untuk membuat PO sesuai dengan permintaan dari bagian gudang dan mengirim rangkap PO pada bagian keuangan untuk otorisasi pembelian dan pembayaran.

Baca juga: 4 Manfaat NIB Perusahaan

2. Mengirim purchase order

PO kemudian dikirim setelah disetujui oleh bagian keuangan. PO mulai dikirimkan pada pemasok. PO yang telah dikirim sebaiknya sudah mencantumkan secara detail kebutuhan persediaan dan berisikan informasi lengkap sesuai yang diperlukan pemasok saat akan membuat faktur nantinya.

3. Pemasok menyetujui pesanan pembelian

Pemasok selanjutnya akan menyetujuio PO yang telah diterima setelah mereka meninjau barang pesanan yang tertera pada PO.

4. Pembeli mencatat purchase order

Perusahaan pembeli akan secara resmi mencatat purchase order pada bagian keuangan setelah disetujui oleh pemasok. Pemasok kemuadian akan mulai untuk mempersiapkan pengiriman barang yang diminta oleh pembeli.

Nah ini tadi 4 tahap dalam sistem purchase order. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !

Baca juga: 5 Cara Menentukan Target Pasar

Leave your comment

Name

Comment
Note: HTML is not translated!

LEAVE A COMMENT

Artikel Terbaru


«
»
Makanan Dengan Kandungan Collagen Yang Tinggi
Makanan Dengan Kandungan Collagen Yang Tinggi
27 Mar 2025

Sayuran yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan
Sayuran yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan
24 Mar 2025

Manfaat Air Lemon dan Keamanannya untuk Konsumsi Setiap Hari
Manfaat Air Lemon dan Keamanannya untuk Konsumsi Setiap Hari
24 Mar 2025

Makanan-makanan Yang Mengandung Vitamin K
Makanan-makanan Yang Mengandung Vitamin K
24 Mar 2025

Menyiapkan Stok Kaldu Tulang untuk Ramadan 2025
Menyiapkan Stok Kaldu Tulang untuk Ramadan 2025
13 Mar 2025

Asupan Serat: Kunci Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa
Asupan Serat: Kunci Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa
13 Mar 2025

Menu Berbuka Puasa di Berbagai Negara
Menu Berbuka Puasa di Berbagai Negara
03 Mar 2025

Menu Lebaran yang Nikmat dan Lezat
Menu Lebaran yang Nikmat dan Lezat
28 Feb 2025

Cara Agar Kuat Berpuasa
Cara Agar Kuat Berpuasa
26 Feb 2025

Takjil yang Nikmat untuk Buka Puasa
Takjil yang Nikmat untuk Buka Puasa
26 Feb 2025


Harga Pabrik

Merupakan brand yang dimiliki PT Aneka Niaga Indonesia (ANI) yang menjual produk untuk diperdagangkan kembali..

  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Tips
  • Feed
  • Cara Membuat Tips
  • Cara Membuat Feed
  • Cara Order Produk
  • Cara Pembayaran Order
  • Cara Pengiriman

© 2022 Aneka Niaga Indonesia. All Rights Reserved.

Penjual

  • Registrasi
  • Login
  • Profil Pabrik
  • Cara Registrasi
  • Cara login
  • Cara Penjualan
  • Cara Pengiriman
Pembeli

  • Registrasi
  • Login
  • Cara Registrasi
  • Cara Login
  • Cara Order Produk
  • Cara Pembayaran Order

Customer Service

Gedung Menara Hijau Lt. 6, Jakarta Selatan, Indonesia

Tel: +62-21-7985951 / E-mail: cs@hargapabrik.id

Shopping Center

Tel: +62-21-7985951 / Hotline: +62-21-7985951

E-mail: info@hargapabrik.id


Show More Show Less

Keranjang Belanja Berhasil ditambahkan