5 Cara Menentukan Target Pasar
Hargapabrik.id – Target pasar sendiri merupakan sebuah permulaan dalam membangun strategi pemasaran dimana strategi pemasaran dikatakan efektif apabila dijalankan dengan menyasar target pasar potensial. Target pasar merupakan calon pembeli potensial yang harus mendapatkan pesan informasi produk dan promosi yang dilakukan. Target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa pesan dan strategi pemasaran yang anda lakukan sudah tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan sekaligus menjadi tolak ukur keberhasilan. Target pasar bukan mengecilkan potensi produk untuk dibeli semua orang tetapi memprioritaskan pembeli yang paling potensial untuk membeli produk dari brand anda dibandingkan dengan brand lainnya. Berikut ini adalah 5 cara dalam menentukan target pasar.
Baca juga: 4 Manfaat Target Pasar
1. Menentukan siapa konsumen anda
Target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi seperti segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikologi. Segmentasi geografis mengkategorikan pelanggan berdasarkan batas-batas wilayah. Segmentasi demografis membagi pelanggan berdasarkan pada data statistik tentang sekelompok orang seperti mengkategorikan pelanggan berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, ataupun tingkat pendapatan. Segmentasi psikologi membagi para pelanggan berdasarkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepribadian mereka seperti pembagian pelanggan berdasarkan sifat, nilai, sikap, motivasi, skala prioritas, ataupun gaya hidup.
2. Mengetahui kebutuhan target pasar
Carilah informasi mengenai kebutuhan konsumen yang anda sasar. Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan tes produk sehingga anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang anda tawarkan.
Baca juga: 5 Langkah dalam Melakukan Segmentasi Pasar
3. Evaluasi target
Cara untuk menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan mengevaluasi kembali mengenai kebutuhan serta ketertarikan konsumen yang anda sasar.
4. Menentukan strategi pemasaran
Ketika anda telah mengevaluasi target pasar, maka anda perlu menentukan strategi yang tepat dalam pemasaran produk. Setiap target pasar memiliki gaya yang berbeda-beda, seperti apabila target pasar anda adalah remaja maka pemasaran menggunakan sosial media akan lebih efektif untuk dilakukan.
5. Evaluasi respon pasar
Ketika anda telah menjalankan strategi pemasaran, maka cobalah evaluasi bagaimana respon pasar. Apabila tidak efektif artinya target pasar anda kurang tepat atau anda perlu menetapkan strategi pemasaran produk yang berbeda.
Nah ini tadi 5 cara menentukan target pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !
Baca juga: 6 Jenis Segmentasi Pasar
Leave your comment
Note: HTML is not translated!