5 Langkah dalam Melakukan Segmentasi Pasar
Hargapabrik.id – Segmentasi pasar merupakan bentuk pemasaran yang melalui proses penggabungan pelanggan kedalam kelompok atau segmen tertentu berdasarkan pola perilaku dan pola konsumsi yang sama. Membagi pasar menjadi beberapa bagian agar dapat teridentifikasi dengan baik. Segmentasi pasar bertujuan untuk memfokuskan sumber daya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen agar dapat mencapai keuntungan kompetitif dalam segmen pasar. Berikut ini adalah 5 langkah dalam melakukan segmentasi pasar.
Baca juga: 6 Jenis Segmentasi Pasar
1. Menganalisis konsumen yang ada
Menganalisis konsumen untuk memahami perilaku konsumen. Pendekatan dapat dilakukan kepada konsumen dan libatkan konsumen dalam memberikan tanggapan ataupun masukan untuk bisnis anda.
2. Mengkategorikan konsumen berdasarkan produk
Ketika anda sudah memahami siapa saja konsumen yang dimiliki, maka anda akan memperoleh gambaran yang lebih jelas untuk menentukan sasaran atau target pasar yang dituju sehingga nantinya akan membantu anda dalam mendapatkan pemahaman tentang konsumen dan menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk segmentasi pasar anda.
3. Brand Positioning
Saat anda sudah mengetahui siapa calon konsumen anda, maka akan lebih mudah untuk memposisikan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Brand positioning dapat menjadikan bisnis anda lebih dilirik.
Baca juga: 4 Cara Menentukan Harga Jual Produk
4. Menemukan segmentasi pasar yang tepat
Anda dapat menghubungkan brand positioning dengan kebutuhan konsumen. Apakah produk atau jasa yang anda keluarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan apakah semua segmentasi pasar dapat terakomodasi dengan baik. Anda dapat mengaitkan keduanya dan akan menemukan segmentasi pasar yang tepat untuk produk atau jasa yang dikeluarkan.
5. Membuat dan meluncurkan kampanye perusahaan
Langkah kelima yang dapat dilakukan adalah kampanye perusahaan. Uji coba dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Evaluasi perlu dilakukan selama dan setelah kampanye untuk memastikan apakah segmentasi pasar anda sudah tepat atau belum. Apabila tidak, anda dapat mencoba mencari segmentasi pasar berdasarkan kriteria lainnya. Teruslah mencoba sampai anda mendapatkan segmentasi pasar yang tepat dan sesuai.
Nah ini tadi 5 langkah dalam menentukan segmentasi pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !
Baca juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Produk
Leave your comment
Note: HTML is not translated!