3 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Hargapabrik.id – Kualitas pelayanan merupakan landasan utama untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Meningkatkan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara melakukan review dilanjutkan dengan perbaikan. Meningkatkan kualitas pelayanan harus dilakukan secara rutin dengan harapan perbaikan dilakukan terus menerus secara konsisten dalam waktu yang lama. Berikut ini 3 cara meningkatkan kualitas pelayanan.
Baca juga: 5 Kata Efektif untuk Menarik Pelanggan
1. Terbuka dengan masukan pelanggan
Survei pada pelanggan dapat dilakukan untuk mendapat ulasan, kritik, saran, pendapat, maupun masukan. Survei dapat dilakukan dengan cara modern dan menyenangkan mengikuti perkembangan zaman, bukan dengan survei manual seperti kertas ujian. Pengunjung dapat memberi ulasan melalui Google Analytics, Instagram, Twitter, Facebook, ataupun media sosial lainnya. Masukan dari pelanggan merupakan hal yang penting untuk kemajuan perusahaan. Saat melakukan survei, perlu diinformasikan bahwa survei dilakukan secara rahasia sehingga pengunjung yang mengisi survei akan dijamin identitasnya. Tujuan dari survei ini agar pengunjung dapat memberikan ulasan secara jujur. Masukan yang didapatkan akan menjadi bahan perbaikan untuk sebuah usaha.
Baca juga: 5 Cara Memahami Perilaku Konsumen
2. Rutin mengevaluasi kinerja usaha
Saran dan kritik dari konsumen merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan. Ulasan konsumen biasanya memberikan ulasan berdasarkan pengalaman mereka pribadi saat menikmati pelayanan dari usaha anda, sehingga patut untuk diapresiasi dengan memberikan evaluasi kinerja supaya kritik yang sama tidak kembali diterima. Evaluasi kinerja tidak harus menunggu masukan dari konsumen tetapi pengusaha juga dapat melakukan evaluasi mendasar seperti selalu memastikan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan, mengecek kebersihan produk, dan melakukan pengawasan kinerja karyawan.
3. Meningkatkan pelayanan perusahaan
Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dengan memberikan karyawan SOP layaninan bisnis yang jelas dan melatih karyawan untuk bekerja secara professional. Kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan melatih para pekerja agar memiliki etos kerja yang tinggi dan lebih responsif. Pengusaha dapat menerapkan reward dan punishment. Pengusaha perlu untuk memberikan reward untuk karyawan yang memiliki kinerja yang bagus.
Nah ini tadi 3 cara meningkatkan kualitas pelayanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !
Baca juga: 6 Simbol pada Kardus/Packing
Leave your comment
Note: HTML is not translated!