3 Komponen Penilaian yang Mempengaruhi Skor Performa Toko
Hargapabrik.id – Skor performa toko di Tokopedia adalah standar penilaian toko berdasarkan kualitas pelayanan kepada pembeli. Skema Skor Performa Toko dipengaruhi oleh 3 komponen penilaian. Berikut ini adalah 3 komponen penilaian yang mempengaruhi skor performa toko.
1. Level toko
Level toko merupakan penilaian terhadap skala bisnis tokomu berdasarkan jumlah pendapatan dan produk yang terjual selama 90 hari terakhir. Level toko ada pada skema Skor Performa Toko untuk memberikan penilaian yang lebih adil berdasarkan skala bisnis masing-masing. Level toko diperbarui setiap hari Senin pertama setiap bulannya berdasarkan data 90 hari terakhir. Level toko dibagi menjadi 4 level yaitu level 1, level 2, level 3, dan level 4. Level 1 adalah level toko dengan pendapatan kurang dari Rp350.000,00 atau hingga 2 produk yang terjual. Level 2 adalah level toko dengan pendapatan mulai dari Rp350.000,00 dan 3 produk terjual. Level 3 adalah level toko dengan pendapatan mulai dari Rp10.000.000,00 dan 50 produk terjual. Level 4 adalah level toko dengan pendapatan mulai dari Rp300.000.000,00 dan 1.500 produk terjual.
2. Parameter performa toko
Skor Performa Toko dihitung berdasarkan 7 parameter yang memiliki nilai berbeda-beda bergantung pada pelayanan toko kepada pembeli. Tujuh parameter skor performa toko meliputi kecepatan mengirim pesanan, jumlah pembeli, membuka halaman Tokopedia Seller dalam 90 hari terakhir, tingkat kesuksesan pesanan, kecepatan membalas chat dan diskusi, tingkat membalas chat dan diskusi, serta ulasan produk dengan bindang 4+. Parameter skor performa toko memiliki 3 indikator warna yaitu warna hijau, warna hitam, dan warna merah. Warna hijau berarti performa sudah di atas rata-rata dan harus dipertahankan. Warna hitam berarti performa toko sama dengan rata-rata. Warna merah berarti performa toko masih dibawah standar. Skor performa toko diperbarui pada hari Senin setiap minggunya.
Baca juga: 10 Cara Menambah Produk di Aplikasi Tokopedia (Android)
3. Poin penalti dari pelanggaran toko
Apabila tokomu melakukan pelanggaran maka poin penalti akan mengurangi skor performa tokomu. Setiap penalti mempunyai status sesuai periode pelanggaran yaitu poin belum dipotong, sedang berlangsung, dan penalti selesai. Poin belum dipotong berarti penalti belum aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan mulai tanggal yang tertera pada status penalti. Sedang berlangsung berarti penalti saat ini sedang aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan pada tokomu. Masa aktif penalti berlangsung selama 4 minggu dari tanggal efektif. Penalti selesai berarti penalti sudah tidak aktif dan tidak akan dikenakan poin pelanggaran.
Nah ini tadi 3 Komponen Penilaian yang Mempengaruhi Skor Performa Toko. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !
Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Toko Online
Leave your comment
Note: HTML is not translated!