5 Manfaat Melakukan Follow Up Pada Konsumen
Hargapabrik.id – Follow up berasal dari kata Bahasa inggris yang berarti tindak lanjut. Pada bisnis, follow up adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menindaklanjuti aktivitas tertentu. Follow up dapat dilakukan sebagai langkah strategis perusahaan setelah melakukan pemasaran atau memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Berikut ini 5 manfaat melakukan follow up pada konsumen.
1. Meningkatkan penjualan bagi perusahaan
Hal yang menjadi fokus utama dari melakukan pemasaran, promosi, dan follow up adalah untuk meningkatkan penjualan produk sehingga dapat meningkatkan pemasukan perusahaan.
2. Menyampaikan informasi terbaru pada customer
Ketika melakukan follow up maka anda dapat memastikan bahwa calon konsumen dan konsumen mengetahui informasi terkini mengenai produk, misalnya terkait dengan produk baru, tips dan trik, testimony atau review konsumen dan juga informasi penting lainnya. Saat calon konsumen diberikan informasi terkini terkait dengan produk anda maka diharapkan bahwa calon konsumen akan mulai tertarik dengan produk tersebut kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian.
3. Mengingatkan konsumen pada produk anda
Follow up dilakukan setelah anda sudah melakukan pemasaran dan promosi produk. Follow up dapat dijadikan sebagai pengingat kepada calon konsumen dan konsumen setia anda mengenai produk anda. Ketika calon konsumen belum melakukan transaksi pembelian, maka mereka mungkin sedang mempertimbangkan untuk jedi melakukan pembelian atau tidak. Follow up dilakukan agar anda memberikan informasi lebih detail mengenai produk anda sehingga konsumentidak ragu lagi dan memutuskan untuk membeli produk anda.
Baca juga: 8 Tips Mencari Produk yang Sedang Tren di Pasaran
4. Membina hubungan dengan konsumen baru
Anda harus memiliki pola berpikir bahwa follow up dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan calon konsumen tidak hanya untuk membujuk calon konsumen agar membeli produk anda. Hubungan baik dengan konsumen akan meningkatkan kepercayaan dari konsumen dan akan lebih mudah untuk menawarkan produk baru lainnya kepada konsumen.
5. Membangun hubungan bisnis jangka panjang
Komunikasi dan hubungan baik yang sudah terbentuk akan berguna sebagai fondasi terjalinnya hubungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang sehingga jika suatu saat konsumen memiliki keinginan untuk membeli produk, konsumen tersebut tidak akan ragu untuk langsung menghubungi anda.
Nah ini tadi 5 manfaat melakukan follow up kepada konsumen. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !
Baca juga: 6 Simbol pada Kardus/Packing
Leave your comment
Note: HTML is not translated!