4 Tahapan Listing Produk di Supermarket
Hargapabrik.id – Pasar modern seperti supermarket memang menawarkan sesuatu yang menarik bagi banyak produsen. Produk dari produsen dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas apabila telah dijual di pasar modern, tentu saja hal tersebut harus tetap diiringi dengan strategi dan promosi yang baik. Lalu apa saja tahapan yang akan kita hdapi ketika melakukan listing produk di pasar modern, simak uraian berikut ini.
Baca juga : 5 Tantangan Listing Produk di Supermarket
Umumnya, ritel modern yang berjejaring memiliki bagian pembelian secara terpusat. Namun, ada pula perusahaan ritel modern yang menetapkan kebijakan bahwa di kantor pusat, para supplier cukup mendaftarkan item produk dan kode suppliernya. Selanjutnya, supplier dipersilahkan untuk memasok produk ke masing-masing cabang ritel tersebut. Perusahaan ritel modern ada yang milik perorangan maupun perseroan. Pada perusahaan ritel modern milik perorangan, permohonan untuk memasukkan produk jauh lebih mudah. Pemohon hanya perlu secara langsung datang kepada pemilik ritel atau petugas toko. Namun, proses permohonan untuk ritel modern milik perseroan jauh lebih rumit.
Agar proses memasukkan produk ke ritel modern bisa berhasil, maka langkah pertama adalah dengan menghubungi bagian pembelian dari pasar modern tersebut. Bagian ini akan mengambil kebijakan untuk menerima atau menolak produk yang ditawarkan pada perusahaan ritel masing-masing. Bagian pembelian ini juga yang akan menentukan pasokan barang yang harus disediakan oleh pemohon. Dalam proses permohonan memasok produk, hendaknya pemohon mempersiapkan contoh produk. Secara lebih rinci, berikut ini cara atau mekanisme dalam memasok produk di minimarket, supermarket, dan hypermarket.
Baca juga : 5 Tips Agar Kamu Bisa Listing Produk di Swalayan
1. Bawa surat permohonan dilengkapi dengan persyaratan yang diminta dan contoh produk ke bagian penjualan perusahaan ritel modern. Pada umumnya berkas yang dibutuhkan meliputi Identitas usaha (nama perusahaan, pemilik, surat PKP dan sebagainya) serta identitas produk (surat izin edar, dan BPOM apabila berupa produk konsumsi).
2. Setelah masa tunggu, permohonan yang disetujui akan diberikan purchase order (PO) oleh pihak manajemen ritel modern sebagai dasar penagihan. Pihak pemohon akan mendapatkan beberapa data terkait waktu pengiriman dan banyak produk yang harus dipasok.
3. Pemohon akan diberi tahu jangka waktu pembayaran dan metode pembayaran yang digunakan. Pemohon akan mendapatkan listing fee yang telah ditetapkan oleh perusahaan ritel modern.
4. Setelah pembayaran listing fee, pemohon akan mendapatkan nomor supplier dan nomor registrasi produk.
Nah demikian tadi tahapan yang harus dilakui ketika kita hendak memasukkan produk kita di pasar modern. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.
Baca juga : 10 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Menjadi Distributor
Leave your comment
Note: HTML is not translated!