Harga Pabrik

Your cart

0 item(s) Rp. 0
  • Your shopping cart is empty!

Login / Register
Sign in Or Register
Forgot Your Password?

Pelanggan Baru?

Daftar dengan Mudah dan Gratis!

  • Faster checkout
  • Save multiple shipping addresses
  • View and track orders and more
Membuat Akun
6 Syarat Memasarkan Produk di Pasar Modern
  • Beranda
  • Artikel
  • 6 Syarat Memasarkan Produk di Pasar Modern

Kategori


  • Seafood
  • Daging dan Ayam
  • Makanan Olahan
  • Bumbu dan Sambal
  • Minuman
  • Sayur Beku
  • Beras

Produk Terbaru


«
»

6 Syarat Memasarkan Produk di Pasar Modern

ditulis Oleh : arso Tanggal : 19 Jan 2023 1 Comment

Hargapabrik.id - Sebelum masuk dan menawarkan produk ke ritel/pasar modern, ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan agar rencana kita untuk memasarkan produk melalui pasar modern berhasil. Apa saja yang perlu dipersiapkan, simak penjelasan kami berikut ini.

Baca juga : 5 Perbedaan Antara Suplier dan Distributor

1. Perizinan, Barcode dan Sertifikasi Halal

Perizinan menjadi hal yang sangat penting sehingga tidak boleh diabaikan untuk bisa memasok produk ke pasar modern. Setiap perusahaan yang ingin memasukkan produknya harus mengetahui perizinan yang diminta oleh pihak ritel modern. Biasanya, perizinan yang dimaksud mencakup NPWP, SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan. Selain itu, bagi pemain lama dibutuhkan sertifikat pengalaman memasok ke ritel lain. Bagi perusahaan konsumsi makanan dan minuman, harus sudah memiliki sertifikasi halal atas produk dan proses pembuatan produk dari MUI.

Satu hal yang menjadi nilai unggul sebelum memasok produk adalah tanda barcode yang tertera pada kemasan produk. Barcode merupakan bukti bahwa perusahaan telah menggunakan teknologi yang terbaru untuk mendata dan mengidentifikasi setiap produk yang dijual.

2. Mencari Tahu Database Pasar Modern

Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum memasok produk di pasar modern adalah mencari tahu database pasar modern. Perusahaan yang ingin memasok produknya harus siap dengan database ritel modern yang ada di wilayah kerjanya. Database tersebut sangat penting untuk mengetahui dan menetapkan jadwal kunjungan ke ritel modern tersebut. Untuk memperoleh database, bisa dilakukan melalui survey pelanggan, yellow page, Internet, direktori dari lembaga terkait, iklan, dan lain sebagainya.

3. Gudang Persediaan

Gudang persediaan sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah, misalnya ketika ritel meminta barang secara tiba-tiba. Gudang berfungsi untuk menjaga stok secara berkesinambungan untuk memaksimalkan permintaan pihak ritel modern. Selain itu, adanya gudang juga bisa sebagai sarana untuk menjaga barang agar tidak cepat rusak. Tapi, adanya gudang harus disesuaikan dengan pola bisnis atau arus barang yang dikelola. Adanya gudang bisa menjadi pertimbangan bagi pasar ritel untuk menerima atau menolak produk di perusahaan masing-masing.

Baca juga : 10 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Menjadi Distributor

4. Armada Pengiriman (Delivery)

Seperti yang telah diungkap sebelumnya, setiap perusahaan ritel modern akan menuntut agar produk bisa disalurkan dengan lancar. Maka dari itu, sangat penting adanya armada pengiriman untuk memastikan produk bisa sampai tepat waktu. Armada pengiriman meliputi segala Sumber Daya Manusia dan fasilitas berupa mobil box, mobil van, sepeda motor, dan alat pengungkit atau trolly. Dengan sumber daya tersebut, maka akan mempercepat proses pengiriman dan penyampaian produk kepada pihak ritel modern.

5. SDM (Sumber Daya Manusia)

Tidak bisa diingkari bahwa di dalam pasar modern, supplier produk harus memiliki Sales Promotion, Merchandiser, Collector, dan SDM Delivery. Adanya SDM tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan dan memastikan produk sampai kepada konsumen. Selain itu, pihak pasar modern adalah pihak yang secara langsung memasarkan dan menjual produk dari berbagai supplier. Untuk bisa menjalin kerjasama dengan pihak pasar modern, perusahaan membutuhkan tenaga yang ahli untuk mengenalkan produk kepada pihak pasar modern.

6. Sarana Komunikasi

Meskipun saat ini komunikasi lebih mudah dengan cara digitalisasi, tapi sarana komunikasi berupa telepon dan fax menjadi sarana yang tidak terpisahkan dalam proses bisnis. Sarana komunikasi ini akan sering digunakan terkait dengan proses pemesanan, terutama pemesanan mendadak atau ketika terjadi komplain atas produk. Biasanya, perusahaan ritel telah memiliki media komunikasi sendiri yang pastinya perusahaan yang ingin memasok produk harus mengikuti media yang digunakan.

Nah itu tadi hal-hal yang harus dipersiapkan ketiika kamu memutuskan untuk masuk ke pasar ritel modern. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

Baca juga : 3 Keuntungan Menjadi Distributor

Leave your comment

Name

Comment
Note: HTML is not translated!

LEAVE A COMMENT

Artikel Terbaru


«
»
Makanan Dengan Kandungan Collagen Yang Tinggi
Makanan Dengan Kandungan Collagen Yang Tinggi
27 Mar 2025

Sayuran yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan
Sayuran yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan
24 Mar 2025

Manfaat Air Lemon dan Keamanannya untuk Konsumsi Setiap Hari
Manfaat Air Lemon dan Keamanannya untuk Konsumsi Setiap Hari
24 Mar 2025

Makanan-makanan Yang Mengandung Vitamin K
Makanan-makanan Yang Mengandung Vitamin K
24 Mar 2025

Menyiapkan Stok Kaldu Tulang untuk Ramadan 2025
Menyiapkan Stok Kaldu Tulang untuk Ramadan 2025
13 Mar 2025

Asupan Serat: Kunci Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa
Asupan Serat: Kunci Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa
13 Mar 2025

Menu Berbuka Puasa di Berbagai Negara
Menu Berbuka Puasa di Berbagai Negara
03 Mar 2025

Menu Lebaran yang Nikmat dan Lezat
Menu Lebaran yang Nikmat dan Lezat
28 Feb 2025

Cara Agar Kuat Berpuasa
Cara Agar Kuat Berpuasa
26 Feb 2025

Takjil yang Nikmat untuk Buka Puasa
Takjil yang Nikmat untuk Buka Puasa
26 Feb 2025


Harga Pabrik

Merupakan brand yang dimiliki PT Aneka Niaga Indonesia (ANI) yang menjual produk untuk diperdagangkan kembali..

  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Tips
  • Feed
  • Cara Membuat Tips
  • Cara Membuat Feed
  • Cara Order Produk
  • Cara Pembayaran Order
  • Cara Pengiriman

© 2022 Aneka Niaga Indonesia. All Rights Reserved.

Penjual

  • Registrasi
  • Login
  • Profil Pabrik
  • Cara Registrasi
  • Cara login
  • Cara Penjualan
  • Cara Pengiriman
Pembeli

  • Registrasi
  • Login
  • Cara Registrasi
  • Cara Login
  • Cara Order Produk
  • Cara Pembayaran Order

Customer Service

Gedung Menara Hijau Lt. 6, Jakarta Selatan, Indonesia

Tel: +62-21-7985951 / E-mail: cs@hargapabrik.id

Shopping Center

Tel: +62-21-7985951 / Hotline: +62-21-7985951

E-mail: info@hargapabrik.id


Show More Show Less

Keranjang Belanja Berhasil ditambahkan